Mencetak Generasi Unggul Penerus Bangsa

30 Tumpeng Tersaji dalam HUT MAN

DEMAK- Seribuan siswa MAN Demak mempersembahkan 30 tumpeng kreasi mereka pada upacara hari jadi Ke-19 sekolah tersebut, kemarin. Tumpeng yang diletakan di atas meja berjajar sepanjang halaman sekolah itu memiliki kreasi yang beraneka.
Sebagian besar berupa tumpeng nasi kuning, namun ada pula yang memakai campuran nasi putih dan nasi dari beras merah. Tumpeng yang dibuat oleh siswa dari 30 kelas itu, menurut Kepala MAN Demak, Mohamad Sholeh, selain sebagai bentuk nguri-uri tradisi luhur juga merupakan praktik tata boga yang telah diajarkan kepada siswa.
Siswa bukan hanya dituntut pandai membuat karya tersebut, tetapi juga mampu mempresentasikannya di hadapan juri.
”Di samping ada makna filosofi di dalam tumpeng, siswa juga perlu memperhatikan jenis makanan yang disajikan yakni harus mengandung gizi, protein dan lainnya,” terangnya, didampingi Humas, Sya’roni dan Ketua Panitia, Setyo Budi.
Lomba
Pada perayaan HUT ke-19 MAN Demak tersebut dimeriahkan pula sejumlah perlombaan, galang tangguh dan jalan sehat. Lomba yang dikemas dalam matematics science olympiad (MSO) diikuti 40 sekolah tingkat SMPdan MTs se-Kabupaten Demak.
Sebagai juara umum adalah SMP 1 Gajah, disusul MTs Al Hadi dan MTs N Karangtengah.
Mohammad Sholeh menambahkan, para juara mendapat piala dan uang pembinaan.
”Kami juga menyediakan beasiswa kepada para juara. Beasiswa berlaku bagi mereka yang nantinya melanjutkan sekolah ke MAN Demak,” katanya. Menurutnya, kegiatan yang digelar tersebut membantu anak-anak agar berekspresi dan mampu mengukir prestasi.
”Insyaallah, acara seperti ini akan kami gelar rutin. Kali ini merupakan tahun ke empat,” terangnya.
Sementara itu dalam acara jalan sehat diikuti sejumlah pejabat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kantor Kementerian Agama Demak, Dinas Perhubungan dan Komunikasi serta Satlantas Polres Demak.
Bahkan dari Polres ikut menyosialisasi gerakan disiplin berlalu lintas dan sadar keselamatan berkendara. (H1-72)

MAN Demak
Suara Merdeka.com
Labels: Berita

Thanks for reading 30 Tumpeng Tersaji dalam HUT MAN. Please share...!

0 Comment for "30 Tumpeng Tersaji dalam HUT MAN"

Back To Top