Mencetak Generasi Unggul Penerus Bangsa

Presiden Lantik Lukman Hakim Sebagai Menag

Jakarta (Pinmas) —-  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini, Senin (09/06), secara resmi melantik Lukman Hakim Saifuddin sebagai Menteri Agama (9/6). Pelantikan berlangsung tepat Pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. 
Acara pelantikan dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan para Pimpinan Lembaga dan Lembaga Tinggi Negara. Tampak hadir dalam pelantikan ini Suryadarma Ali selaku mantan Menteri Agama sebelumnya yang digantikan oleh Lukman Hakim Saefuddin.
Hadir juga dalam pelantikan tersebut, para pejabat Esselon I Kementerian Agama, seperti Wamenag Nasaruddin Umar, Sekjen Kemenag Nur Syam, Irjen Kemenag M. Jasin, Dirjen Bimas Hindu I Gede Triguna.
Menag Lukman Hakim Saifuddin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum DPP PPP. Lukman Hakim juga dikenal sebagai aktivis organisasi Nahdlatul Ulama (NU).
Keterlibatannya di NU dimulai saat ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) 1985-1988. Selanjutnya pada tahun 1988-1999 berkecimpung di Lajnah Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU sebagai Wakil Sekretaris, Kepala Bidang Administrasi Umum, Koordinator Program Kajian dan Penelitian, Koordinator Program Pendidikan dan Pelatihan, hingga menjadi Ketua Badan Pengurus periode 1996-1999.
Selama beraktivitas di Lakpesdam NU, Lukman Hakim pernah mengikuti pendidikan singkat mengenai Community Organizer in Health and Development in Asian Rural Settings di Asian Health Institute, Nagoya, Jepang dan di Curtin University, Perth, Australia. Pada tahun 1995-1997 bergabung dengan Helen Keller International sebagai project manager dalam program The Irian Jaya Community Eye Care Project.
Lukman Hakim juga pernah menjadi anggota Majelis Pengarah Pesantren Al-Hamidiyah, Depok dan pengajar pada Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta. Menjadi Wakil Ketua Bidang Pengembangan Program Yayasan Saifuddin Zuhri sejak 1994 hingga kini dan anggota Komisi Pengawas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2004-2007.
Selama mengabdi di DPR, Menag Lukman Hakim pernah memimpin Tim Pemantau Operasional Haji di Saudi Arabia, mewakili DPR dalam Young Parliamentarians Meeting di Filipina dan Italia, memenuhi undangan The American Council of Young Political Leaders ke Amerika Serikat, anggota delegasi dalam The Role of the Legislatures di Mongolia, dan anggota delegasi dalam Congress of Democrats from the Islamic World di Turki.
Selain itu, Lukman Hakim juga berkesempatan melakukan studi tentang konstitusi ke negara Rusia, Jerman, Perancis, Belanda, dan Spanyol sebagai anggota Badan Pekerja MPR yang khusus merancang Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada 1999 hingga 2002.
Labels: Berita

Thanks for reading Presiden Lantik Lukman Hakim Sebagai Menag. Please share...!

0 Comment for "Presiden Lantik Lukman Hakim Sebagai Menag"

Back To Top