Mencetak Generasi Unggul Penerus Bangsa

Pilkaos Ajang Demokrasi di Sekolah


DEMAK – Proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS (Pilkaos) MAN Demak yang digelar sekolah tersebut, kemarin, mengadopsi sistem pilkada langsung. Diawali dari perekrutan bakal calon yang harus mendapatkan dukungan minimal 3 ekstrakurikuler sekolah sebagai implementasi partai politik.
Terdapat tiga pasang calon yang ikut dalam pesta demokrasi ini, yakni pasangan Firman Shantya Budi dan Alfi Nuriyah, kemudian pasangan M Bahrul Ulum-Nailul Hana dan Luqmanul Hakim-Ufli Atika Dewi. Seluruh rangkaian kegiatan pemilihan ini pun diawasi oleh Panwasis layaknya Panwaslu dalam Pilkada.
Dukungan Ekstrakurikuler
Menurut waka kesiswaan MAN Demak yang juga penggagas kegiatan, Edy Suparso, aturan main pelaksanaan pilkaos MAN Demak sudah disahkan sebelumnya oleh MPK (Majelis Perwakilan Kelas) yang tertuang dalam AD/ART OSIS sekolah tersebut.
”Setelah mendapatkan dukungan dari ekstrakurikuler, bakal calon ini mendaftar dengan melengkapi berbagai berkas yang dibutuhkan kepada Komisi Pemilihan OSIS (KPO) sebagai panitia pemilihan manifestasi KPU (Komisi Pemilihan Umum),” katanya. Sebagai uji kompetensi pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, diadakan debat kandidat yang dihadiri oleh para pendukung pasangan calon dan sejumlah guru MAN Demak, Sabtu (24/10).
Puncaknya Senin, (26/10) diawali dengan upacara dengan pembina upacara Singgih Setiyono, Sekda Kabupaten Demak yang memberikan wejangan tentang wawasan kebangsaan dan kiat memperoleh kesuksesan kemudian dilanjutkan orasi dari para kandidat yang mengenakan pakaian adat Jawa dan dilaksanakan pemungutan suara dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diseting seperti TPS Pilkada dengan kotak suara dan bilik pencoblobosan dari KPU Kabupaten Demak. Suasana menghangat saat proses penghitungan suara.
Para pendukung dari masing-masing calon memberikan dukungan dengan tepuk tangan, saat panitia menyebutkan perolehan suara mengarah kepada salah satu calon yang mereka dukung. Dari ketiga pasangan calon yang ikut dalam pesta demokrasi ini perolehan suara pasangan Firman Shantya Budi dan Alfi Nuriyah mengungguli pasangan M Bahrul Ulum-Nailul Hana dan Luqmanul Hakim-Ufli Atika Dewi. (H1-72)- Sumber:http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pilkaos-ajang-demokrasi-di-sekolah/
Labels: Berita

Thanks for reading Pilkaos Ajang Demokrasi di Sekolah. Please share...!

0 Comment for "Pilkaos Ajang Demokrasi di Sekolah"

Back To Top